[HARI KE-3]--IMPIAN ITU MENJADI NYATA

IMPIAN ITU MANJADI NYATA
(CatatanNgenes.Com/#10DaysKF)
Oleh: Amaliya Khamdanah


Assalamu’alaikum, semoga seluruh masyarakat pribumi Nusantara senantiasa dalam lindungan-Nya. Aamiin _/|\_ Gak nyangka ternyata #KampusFiksi 10 Days Writing Challenge, sudah memasuki hari ke-3, pada 20 Januari 2017. Kamu masih juga belum ikutan? Kuat banget sih iman kamu. Bagi tips dong? Eh-eh-eh, kok malah gak nyambung gini ya *abaikan* Yuk buruan cek akun twitter kece @KampusFiksi-nya atau search aja #10DaysKF

         Pertanyaan hari ketiga agak mendingan sih, haha. Gak tahu deh kalau hari setelahnya gimana? Wkwk. “Sebutkan 5 hal yang ingin kamu capai di tahun ini!” Oke tanpa banyak cekcok, langsung saya jawab saja ya! Selamat membaca :)

            Hal yang ingin saya capai pada urutan pertama? Hmm, *tik-tok-tik-tok* Mungkin hal ini juga menjadi impian bagi semua mahasiswa baru seperti saya, ya? Apa sih emangnya? Bisa wakilin jurusan atau fakultas atau pun universitas diajang perlombaan baik tingkat provinsi, nasional atau lebih-lebihnya dikancah internasional ataupun perlombaan yang diadakan oleh penerbit tersohor negeri. Hehe, terlalu ketinggian ya? Gak muluk-muluk kok, cukup bisa menjuarai perlombaan menulis entah menulis cerpen, puisi, esai ditingkat apapun.

            Menjuarai lomba menulis sudah saya damba-dambakan sejak duduk dibangku madrasah aliyah—setara SMA—namun berulang kali gagal. Kayaknya tulisan saya waktu itu kurang riset, deh. Entah nih, kalau kuliah ini bisa wakilin fakultas atau universitas ikut lomba dan menang. Masih ambigu, bukan aktivis soalnya. Haha. Semoga saja tahun ini kesampaian. Aamiin.

            Hal yang kedua itu… tulisan baik: cerpen, puisi, artikel, resensi atau tulisan sejenis wisata lainnya bisa dimuat di media masa (baik cetak maupun elektronik). Dan lagi-lagi, hal ini juga salah satu impian saya sejak (hampir) lulus dari madrasah aliyah dulu—Maret 2016—dan baru kesampaian—Januari 2017—satu tulisan di muat di portal Flores Sastra. Alhamdulillah. Semoga tahun ini juga nambah karyanya yang dimuat di media masa. Aamiin.

            Impian yang ketiga itu, mendapatkan beasiswa dari pemerintah atau dari yayasan atau dari salah satu perusahaan milik Negara. Hehe. Saya sempat mendaftar beasiswa bidikmisi empat kali dan semuanya gagal! Patah hati? Itu pasti, tapi saya menyakini Sang Pencipta akan memberikan hal tersebut kepada saya entah kapan dan pasti tepat waktunya.

            Siapa tahu melalui menulis postingan ini salah satu pejabat pemerintah yang baik pekertinya langsung memberi beasiswa ke saya. Haha! Pagi-pagi udah ngayal, Mal?! Bangun woy! Setidaknya mendapatkan beasiswa bisa sedikit meringankan beban orang tua. Semoga saja di tahun ini. Aamiin.

      Impian selanjutnya itu bisa bergabung dengan komunitas-komunitas menulis. Baik yang ada di kabupaten Demak, kota Semarang atau komunitas menulis lainnya. Setidaknya bisa menambah wawasan saya mengenai dunia sastra walau sebenarnya jurusan kuliah saya bukan sastra. Haha. Gak tahu nih, lebih ngeh sama sastranya.

“Emang jurusan kuliahmu apa?”
“Psikologi.”
“Wah bisa baca karakter aku dong? Asiikkk!”
“Aku nggak dukun mas/mbak/kak/dik.
“Hmm, kalau gitu baca isi hatiku aja deh, gimana?”
“Nggak, ntar l(b)aper!”

Semisal udah bisa lancar nulis mengenai artikel (kan menulis artikel atau esai juga memperlukan wawasan yang luas) bisa dihubungkan dengan psikologi. Bahkan bisa mempermudahkan seseorang cepat memahami materi-materi psikologi. Semoga saja terrealisasikan di tahun ini. Aamiin.

            Dan impian terakhir ialah… Sebenarnya pencapaian dalam satu tahun ini banyak, berhubung tantangan #KampusFiksi 10 Days Writing Challenge cuma minta lima saja. Oke, manut.  Bisa merampungkan antologi maupun novel yang masih di tahap kerangka. Haha. Gaje banget, yakin. Niat rampung bulan depan, eh nulis aja belum. Sama aja bohong! Ibarat kata nih, mau jalan-jalan sama teman ke Kota Lama tapi gak ada uang dan yaudah semua itu hanyalah sebatas mimpi. Baik, semoga rencana absurd bisa nerbitin buku tercapai, bukan hanya sebuah khayal belaka. Aamiin.

            Oke, potingan kali ini cukup singkat. Dan semoga kamu terhibur. Selamat membaca tulisan lainnya dan tetap stay di blog absurd ini ya, tunggu postingan-postingan gila lainnya!


            Salam hangat dari salah satu Anak Nusantara!

Monggo cek pertanyaan selanjutnya dan ikutan!

Komentar