[PSIKOLOGI]--KELOMPOK 7: PENGAMBILAN KEPUTUSAN

KELOMPOK 7
PENGAMBILAN KEPUTUSAN



Merupakan suatu proses pemilihan alternatif baik dari beberapa alternatif secara sistematis untuk ditindaklanjuti (digunakan) sebagai suatu cara pemecahan masalah.

Dua tokoh besar memberikan definisi mengenai pengambilan keputusan. Gito Sudarmo membaginya menjadi tiga adalah atas dasar logika atau pertimbangan alternatif yang harus dipilih salah satu yang terbaik, dan ingin dicapai dan keputusan itu semakin mendekatkan pada tujuan tersebut. Dan Drommond mengemukakan bahwa pengambilan keputusan merupakan usaha penciptaan kejadian-kejadian dan pembentukan masa depan.


Pengambilan keputusan dengan kreatif dan inovatif dibagi menjadi dua yaitu, pengambilan keputusan terprogram dan pengambilan keputusan yang efektif bagi kemajuan organisasi.

Dasar pengambilan keputusan dibedakan menjadi lima dasar oleh George R. Terry yaitu pengambilan keputusan berdasarkan institusi, pengalaman wewenang, data dan fakta empiris, dan rasional.

Hakikat dalam pengambilan keputusan bisa terjadi secara kebetulan dan tidak dapat dilakukan secara asal jadi karena cara pendekatan kepada pengambilan keputusan harus didasarkan kepada sistematika tertentu.


Tujuan pengambilan keputusan antara lain tujuan yang bersifat tunggal yang hanya menyangkut satu masalah dan pengambilan keputusan yang bersifat ganda karena keputusan yang diambil menyangkut lebih dari satu masalah.

Komentar