[PSIKOLOGI]--KELOMPOK 1: PEMIMPIN DAN KEPEMIMPINAN

KELOMPOK 1
PEMIMPIN DAN KEPEMIMPINAN
Oleh: Amaliya Khamdanah


FILOSOFI KEPEMIMPINAN
Stober dkk secara filasofis dapat dijelaskan bahwa pada prinsipnya diperlukan seseorang yang memamang memiliki kekhasan yang mampu memandang lebih jauh, lebih dalam, dan lebih luas. Tujuannya adalah; lebih dalam artinya pemimpin mampu mengenali makna dan merumuskan visi-misi pribadi kemudian potensi itu dimafaatkan secara maksimum; lebih luas, artinya pemimpin mampu mendapatkan trust dan menginspirasi serta menghasilakn dampak nyata berupa transformasi; lebih jauh, artinya pemimpin mampu mencari kontribusi jangka panjang sesuai kenyakinannya bersama-sama dengan orang yang ada dibawahnya.

PEMIMPIN
Menurut Robbert D Stuart (2002: 352) bahwa pemimpin adalah seorang yang diharapkan mempunyai kemampuan untuk mempengaruhi, memberi petunjuk dan juga mampu menentukan individu untuk mencapai tujuan organisasi.
Menurut George R. Terry dalam Brantas (2009 : 136), ciri-ciri seorang pemimpin adalah:
1.      Energi : mempunyai kekuatan mental dan fisik.
2.      Stabilitas emosi : seorang pemimpin tidak boleh berprasangka jelek, dapat mengendalikan diri, dan tidak boleh cepat marah kepada bawahan, serta mempunyai kepercayaan diri yang cukup besar.
3.      Human relationship : mempunyai pengetahuan tentang hubungan manusia.
4.      Personal motivation : keinginan menjadi pemimpin harus besar dan dapat memotivasi diri sendiri.
5.      Communication skill : mempunyai kecakapan dalam berkomunikasi.
6.      Teaching skill : mempunyai kecakapan untuk mengajarkan, manjelaskan, dan mengembangkan bawahannya.
7.      Social skill : mempunyai keahlian di bidang sosial, ia suka menolong, suka jika bawahannya maju, peramah, dan luwes dalam bergaul.
8.      Technical competent : mempunyai kecakapan menganalisis, merencanakan, mengorganisasi, mendelegasikan wewenang, menyusun konsep, dan mengambil keputusan.[1]

Mindmap materi Pemimpin dan Kepemimpinan
KEPEMIMPINAN
DuBrin (2005:3) mengemukakan bahwa kepemimpinan itu adalah upaya mempengaruhi banyak orang melalui komunikasi untuk mencapai tujuan, cara mempengaruhi orang dengan petunjuk atau perintah, tindakan yang menyebabkan orang lain bertindak atau merespons dan menimbulkan perubahan positif, kekuatan dinamis penting yang memotivasi dan mengkoordinasikan organisasi dalam rangka mencapai tujuan, kemampuan untuk menciptakan rasa percaya diri dan dukungan diantara bawahan agar tujuan organisasional dapat tercapai.

KONSEP-KONSEP DASAR KEPEMIMPINAN
Kartono (1988 : 31) menyatakan bahwa untuk menjadi pemimpin harus mempunyai :
1.      Kekuasaan, yaitu kekuatan, otoritas, legalitas, yang memberi wewenang kepada pemimpin untuk mempengaruhi dan menggerakkan bawahan untuk berbuat sesuatu.
2.      Kewibawaan, yaitu kelebihan, keunggulan, keutamaan, sehingga mampu mengatur orang lain untuk patuh pada pemimpin dan bersedia melakukan perbuatan-perbuatan tertentu.
3.      Kemampuan, yaitu segala daya, kesanggupan, kekuatan dan kecakapan ketrampilan teknis ataupun sosial yang dianggap melebihi kemampuan angoota biasa.




[1] Anung Pramudyo, “Implementasi Manajemen Kepemimpinan Dalam Pencapaian Tujuan Organisasi”, JBMA, Vol. 1, No.2, Februari 2013.

Komentar