[PSIKOLOGI]--KELOMPOK 6: LEADER MEMBER EXCHANGE

KELOMPOK 6
LEADER MEMBER EXCHANGE



Leader Member Exchange atau LMX merupakan suatu hubungan yang saling mempengaruhi antara atasan dengan bawahan. Di mana atasan memberikan tipe hubungan yang berbeda-beda terhadap bawahannya secara individual.

Miner (1998) mengemukakan bahwa interaksi atasan-bawahan yang berkualitas tinggi akan memberikan dampak, seperti meningkatnya kepuasan kerja, produktivitas, dan kinerja karyawan.

Dibedakan menjadi, In-group merupakan hubungan yang berkualitas tinggi antara atasan dan bawahan. Karena memiliki kesamaan karakteristik kepribadian dan persamaan sikap atau bawahan Dallam kelompok, memiliki kompetensi yang lebih baik. Dan Out-group merupakan terjalinnya hubungan yang berkualitas rendah. Terdapat jarak antara atasan dan bawahannya, sehingga hubungan yang terjadi didasari pada formalitas dan sikap yang lebih tersetruktur.

Skala persepsi terhadap kualitas interaksi atasan dan bawahan: kemampuan atasan melakukan pendekakan dan bertindak luwes terhadap bawahannya, kedesiaan atasan untuk menggunakan kekuasaan otoritasnya untuk membantu bawahan memecahkan masalah yang dihadapi, kejelasan dari harapan dan umpan balik atasan yang ditunjukkan pada bawahan, kemampuan bawahan mempengaruhi atasan untuk mengubah peran yang dimainkan, dan kesempatan bawahan untuk bersama-sama dengan atasan melakukan aktivitas sosial dan santai setelah jam kerja.


Faktor-faktor yang mempengaruhu kualitas interaksi atasan dan bawahan: ekspektasi pengharapan, kinerja, adanya perasaan kesamaan dan rasa suka, dan kesamaan demografi.

Komentar