[PSIKOLOGI]--KELOMPOK 4: GAYA KEPEMIMPINAN

KELOMPOK 4
GAYA KEPEMIMPINAN


DEMOKRATIS
Gaya pemimpin yang memberikan wewenang secara luas kepada para bawahannya. Setiap ada permasalahan selalu mengikutsertakan bawahan sebagai suatu tim yang utuh. Dengan cirinya antara lain wewenang pimpinan tidak mutlak, pemimpin bersedia melimpahkan sebagian wewenang kepada bawahannya, keputusan dibuat bersama antara pimpinan dan bawahan.
OTORITER
Gaya kepemimpinan yang memusatkan segala keputusan dan kebijakan yang diambil dari dirinya sendiri secara penuh. Cirinya antara lain wewenang mutlak terpusat pada pemimpin, kebijaksanaan selalu dibuat pemimpin, komunikasi berlangsung satu arah, kasar dalam bertindak, serta kaku dalam bersikap.


LIBERAL
Atau gaya kebebasan, kemampuan mempengaruhi orang lain agar bersedia bekerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Cirinya antara lain adalah pemimpin melimpahkan wewenang sepenuhnya kepada bawahan, keputusan lebih banyak dibuat para bawahan, kebijaksanaan lebi banyak dibuat para bawahan.
LAISSEZ FIRE

Gaya kepemimpinan yang lebih mengutamakan orientasi pada hubungan daripada penyelesaian tugas. Kepemimpinan ini menyarankan anggota untuk mengambil keputusan sendiri, pemimpin memainkan peran pasif, dan hampir tidak ada pengawasan atau pengendalian.

Komentar