LET'S MAKE LAUGH

LET’S MAKE LAUGH
Oleh: Amaliya Khamdanah

            Assalamu’alaikum! Gimana kabarnya pada sehat ya? Sehat ya? Sehaaat, Alhamdulilah.. *ngomongcepettanpakoma* Gimana nih, ada yang nungguin tulisan saya? Gak ada kan, beneran udah saya tebak kok.

Oh ya, ada yang tahu kalimat sapaan diatas? Pernah dengar gak sih? Jika teman-teman pernah nonton stand up comedy pasti tahu dong. Punya siapa lagi kalau bukan punyaaaa— eh bukan ding punya anak alumnus ponpes latansa, siapa lagi kalau bukan Dzawin Nur Ikram *yeeeeeeeeeeee, prokprokprokkkk!* Tahu kan, Dzawin itu siapa? Iya dia manusia. Gak tahu juga kenapa saya tiba-tiba mau ngebahas Dzawin, eh bukan cuma dia aja yang mau saya bahas, ada beberapa. Oke, next ya.

Stand up comedy Indonesia udah ada lama di negeri ini, gak tahu sih adanya sejak kapan, yang jelas saya tahunya sejak kelas delapan SMP. Yaya lama banget. Itu pun tahu udah masuk season yang kedua. Acara stand up sendiri itu, isinya lawakan. Ya,  lawakannya. Tapi lawakannya beda dengan lawakan yang biasanya. Kita mulai dari awal ya.

 Orang yang tergabung dalam Stand up comedy Indonesia itu sebutannya komika, nah kalau yang nonton itu namanya penonton. Nah kalau yang baca postingan saya, eh emang ada?   -__- Para komika sebelum tampil atau open mic itu selalu menyipakan meteri, eh gak tahu juga ding, apa semua komika itu selalu menyiapkan materi atau enggak. Yang pasti sih mereka selalu tampil apik di depan audiens. Yaudahlah, saya gak terlalu paham dengan paragraph ini, lanjut aja ya ke alasan kenapa saya nulis postingan ini. Ada yang penasaran? (sebenarnya sih gak ada, berhubung udah baca seperempat tulisan ini, lanjut deh) *nelenaer*

             Saya baru tahu stand up comedy tahun 2011-2012 kayaknya, lupa sih. Awalnya pas lagi ganti-ganti chanel tv. Ada tuh chanel tv yang nayangin orang berdiri sendirian di panggung, terus tangannya gerak-gerak gitu, terus juga ada yang ketawa ngakak, saya sih cuek, beneran. Nah, beberapa hari setelahnya kedua kakak saya bercerita tentang SUCI. Nah lho, SUCI itu makanan apaan coba? Yang saya tahu sih SUCI itu bersih dari najis, dan sah buat sholat. Selidik-selidik ternyata SUCI itu kepanjangan dari Stand Up Comedy Indonesia. Berarti kemarin-kemarin pas saya lihat di salah satu chanel tv itu namanya   Stand Up Comedy Indonesia. Hari berikutnya saya mulai mengikuti acara tersebut, tentunya sesuai dengan jadwal penayangannya. Hari berikutnya pula, di sekolahan saya promosi acara yeng bisa dibilang baru (tahu) itu kepada teman-teman. Nah, gimana respon meraka? Teman-teman di kelas sih, not responding kayak wifi lemot gitu alias gak suka. Ganti mangsa, promosi acara ke teman-teman kelas lain, hasilnya? Sampai sekarang tetep ngikutin, alias berhasil. Hahaaa.

Pertama kali lihat itu si Kurma, dengan rupa Arab-arab Indonesia gitu. Namanya Kemal Palevi (@kemalpalevi) kelahiran tahun berapa saya gak tahu, sempat searching dan nemu tanggal lahirnya, eh lupa :v *abaikanyaa* Kemal Palevi ini jebolan #SUCI2 juara 3. Gayanya yang super absurd-lah yang menginspirasi saya. Haha. Meterinya sih yang saya ingat, selalu ada kata, “eh, kurma!” udah itu aja. Kemal Palevi juga udah nerbitin beberapa buku, bahkan beberapa juga yeng udah di filmkan. Kayaknya novelnya itu judulnya: Tak Kemal Maka Tak Sayang, Jomblo Keep Smile, tapi anehnya saya gak punya buku karya Kemal. Haha *hematuanggaes*. Dan kebiasaan di sekolah sih tiba-tiba ngikutin gaya absurdnya kemal kalau pas bicara tapi gagal, dan nama panggilan kita sama: Mal. Haha. Sedangkan yang meraih juara satu itu @GePamungkas kuliahnya di Unpad, lupa jurusannya saya. Dan yang juara dua itu @Gilbas alias Gilang Bhaskara, materinya cerdas, banyak penelitian. Haha gak tahu juga sih, paling inget meterinya tentang perang di dunia maya lewat twitter.

Beranjak ke #SUCI3, saya mengikuti acara #SUCI3 sayangnya komika yang bawaannya absurd kayak Kemal gak ada, atau emang sayanya gak tahu. Di season ini juga ada beberapa komika yang pada akhirnya terjun ke dunia literasi kayak Fico dengan bukunya, Martabak Asam Manis, dan Bene Dion dengan bukunya Ngeri-ngeri Sedap. Lagi-lagi saya tidak beli buku mereka, ingat hemat uang. Ini hemat uang atau emang gak punya uang? *eh.

ini cover bukunya Dzawin, belum tahu judulnya. Ditunggu mejeng di gramed!

#SUCI4. Nah, season ini nih yang paling greget. Saya gak ngikutin dari audisi tahu-tahu udah lima belas besar kayaknya, lupa sih. Banyak banget yang absurd di season ini, kayak: Dzawin, Dodit, David, Abdur, Hifdzi, Pras, Alif, Mbak Sri dan masih banyak lagi. Tapi saya jagoin Cuma Dzawin, lantas Dodit dan David? Yang jagoin temen saya. Nah, Dzawin ini komika super absurd yang pernah saya temuin di televisi. Gaje bener pokoknya. Telusur punya telusur saya kepo dengan profilnya. Searching di internet cari tahu asal dia, ikut mantau officialnya di twitter dan nemu banyak informasi. Dzawin kelahiran 22 Agustus tahuuun 1991 kayaknya. Kuliah di UIN Syarifhidayatullah jurusan pendidikan Bahasa Inggris, bulan apa gitu, Dzawin jadi ppl, ciee :D nama fanbasenya agak absurd gaes, Dzawinrangers. Haha pertama kali denger ngakak sih, tapi udah kebiasa denger jadi lucu bin absurd~ Nah, kalau karagan atau karacan saya gak tahu persis apa maksudnya (read: kaka ranger ganteng, kaka ranger cantik) 2015 lalu saya berselancar ke akun twitter @Dzawinur, sebelumnya perkenalkan, Dzawin adalah alumnus ponpes La Tansa! Yes, nama ponpesnya sama kayak nama majalah madrasah saya—majalah La Tansa—abaikan. Mondok selama enam tahun, dijuluki lagi sebagai komika syariah. Haaaa. Saya sempat membaca bionya di twitter, katanya: sedang nulis buku. Saya sempat mention dan menanyakan kapan buku itu terbit? Ntah gak dibales, dan sampai sekarang buku itu belum nyampe di toko buku (gramedia juga toko buku), katanya udah nyampe di penerbit. Nunggu ajalah sampai di gramed dan ngadain tour buku perdana *ngarep*.


“Cinta itu memang relatif, tergantung letak kamera dan intensitas cahaya.” @Dzawinur. Lupa di show berapa. Oh iya, beberapa bulan yang lalu juga, si komika syariah ini juga mengadakan tournya di Indonesia, namanya #DibalikTawa. Materi lainnya itu yang ngajarin ke audiens pakai sarung, alias tutorial sarung. Gila bener yang show ini, ngakak parah!


“Kalau mau tutorial sarung, pertama pastiin lewat kepala dan pastiin itu lewat kepala lu bukan lewat kepala orang. Ribet…”  @Dzawinur

Dilanjut ke #SUCI5 gak terlalu ngikutin juga sih tapi nemu komika absurd, namanya Frimawan. Gila! Disalah satu meterinya malah ngajak ngomong sama plastik, ada satu meteri yang saya ingat, sering ditiruin teman sekelas saya pas kelas XI dulu, “Mantan gua banyak, tapi cuma satu—yang bebas ketombe.” Lanjut ke #SUCI6 nih. Saya juga gak ngikutin banget pas season ini, tapi setelah beberapa besar saya mulai ngikutin. Yak! Ada spesies komika absurd gaes! Yuhuuu siapa lagi kalau bukan @fajar_nugra dan @geboy_ haha, duo absurd naanana~


Nah, ngomongin @fajar_nugra sebenarnya saya tahu komika ini di tahun  2015an. Pas itu chanel tv yang sering nayangin standupcomedy ini *ngomongajakompastv* *ribet* ada acara namanya, Liga Komunitas Stand Up, singkatan LKS. Seiring waktu berjalan LKS di kelas saya suruh standup, eh dibilang gila sama temen sebelah *okeinikhayalan* nah si fajar ini wakilin komunitasnya (Bogor) absurd banger, kompor gas! Potongan rambut kayak mangkuk itu juga yang membuat mudah di ingat, hingga akhirnya #SUCI6 dimulai, dan *jengjengjeng* @fajar_nugra lolos audisi, hingga akhirnya berhenti dan menjadi juara 6 di #SUCI6. Dan Gebi Ramadhan alias @Geboy_ berhenti dan juara 5. Yah mereka kayak kakak adik, yang kakak siapa dan yang adik siapa, mbuh.

Lantas, maksud judul postingan saya dan isinya apaan? Oh iya, lupa jelasin. Kesimpulannya sih mudah saja. Lawakan, intinyakan menghibur, mengibur orang lain kan. Nah disini kita diajarkan—lawakan apapun itu—kita harus menghargai orang lain entah yang sedang ngelawak atau yang sedang berbicara pada kita, selain itu kata, “dibalik tawa” juga mengajarkan kita, bukan berarti orang-orang yang pandai  melawak atau orang humoris hatinya selalu senang, ingat isi hati kita sendi dan Allah lah yang tahu *bijakMal* kayak beberapa temen saya, dia sangat humoris, lantas hatinya? Siapa yang mendugakan.

“Memang tawa tidak bisa menyembuhkan duka, tapi, setidaknya bisa sejenak melupakannya.” #Dibalik Tawa @Dzawinur

Salam J

Komentar

  1. kata siapa.. saya itu nungguin tauk. oke. kaget juga nama ponpes nya aa jawin sama kek majalah sekolah kita *eh, kita?, tapi seneng juga rasanya (ngga tau seneng kenapa). tapi saya sangat nantikan serial cinta aksara, kapan dilanjutin.. oiye.. semangat nulis yak kak!! #maapspam

    BalasHapus
    Balasan
    1. La Tansa gitu, Aku udah jd alumnus majalah tertjinta. ahaaaa :D oh itu, kapan2 aja, males ngetik, beneran kaga boong -_- semangat juga dikbaboi, Cerita 3 Anoman kapan dilanjut? *masihnunggu-nungguinangkot*

      Hapus

Posting Komentar